BREAKING NEWS

Mengenal Founder sekaligus Ketua Pertama di RAC - Rancah Astronomy Club




RAC -  Sudah kenalkah anda dengan Founder yang sekaligus menjadi Ketua Pertama RAC – Rancah Astronomy Club ?  Ya, tidaklah lain adalah Alan Saumulandi Rosan. Siapakah beliau ? Mengapa beliau membentuk RAC – Rancah Astronomy Club ? Bagaimana biografinya ? Simak penjelasan dibawah ini.

Alan Saumulandi Rosan adalah seorang astronom amatir, yang lahir di Tangerang, 18 Januari 1998. Beliau memiliki minat pada ilmu sains, seperti Fisika, Matematika, Kimia, Biologi, terlebih pada ilmu Astronomi.

Sub bidang ilmu Astronomi yang diminatinya adalah Astrofisika & Kosmologi. Disamping menyukai sains, ia menyukai pula hal lain alias hobi lainnya, seperti : persilatan, mendengarkan musik bernada slow, bernyanyi, bulutangkis, sepakbola, volley ball, jogging, tentu untuk observasi langit.

Siapa tokoh idolanya ? Sesuai dengan minatnya pada sains, ia menyukai berbagai sosok teladan atau sosok yang digemarinya diantara lain : Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, Ir. Soekarno, Albert Einstein & Stephen Hawking.

Bagaimana dengan pendidikannya ? Dimulai pada tahun 2004, ia masuk ke TK Darul Ulya – Tangerang – Banten. Di TK, ia menyukai pelajaran-pelajaran yang merujuk pada sains. Lalu, ia melanjutkan sekolahnya ke SDN 5 Pasirbolang –  Tangerang – Banten. Dengan berbagai faktor, usai kenaikan kelas 3 SD, ia berpindah tinggal ke Rancah – Ciamis – Jawa Barat. Di Rancah, ia melanjutkan kembali studinya di SDN 3 Rancah -  Ciamis, dari kelas 4 SD hingga tuntas. Pada kelas 5 SD ini, ia mulai menyukai ilmu Astronomi, khususnya bidang Tata Surya dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ia menggeluti minatnya dalam Tata Surya hingga lulus sekolah dasar.

Kemudian, ia melanjutkan studinya ke MTs Rancah – Ciamis – Jawa Barat. Pelajaranpun semakin banyak dan luas. Berhubung telah menyukai Ilmu sains sejak TK, sehingga pada tahap studinya di SLTP, ia semakin ingin mengetahui tentang Ilmu Sains, khususnya bidang Astronomi.

“Usai mempelajari ilmu keplanetan, yang merupakan sub dari ilmu Astronomi, ternyata ilmu Astronomi itu sangat luas & penuh dengan misteri. Saya suka sekali dengan pengetahuan ini. Banyak hal yang mesti saya pelajari“ ujar Alan Saumulandi Rosan.

Waktu terus berputar, ia melanjutkan studinya ke SMK Farmasi Pasundan Kawali – Ciamis. Di sekolah ini, ia bertolak belakang dengan keinginannya. Keinginannya adalah bersekolah di SMA atau MAN dengan konstentrasi pada jurusan MIPA. Berhubung dengan berbagai faktor, baik intern dan ekstern, sehingga ia menerima untuk sekolah lanjutannya di SMK Farmasi Pasundan Kawali.

Ia mengaku bahwa ia adalah anak dari keluarga sederhana. Namun ia memiliki minat dalam ilmu sains, khususnya bidang Astronomi.

“Saya mengaku, bahwa saya berasal dari keluarga sederhana. Namun, saya minat sekali pada ilmu sains, khususnya Ilmu Astronomi” ujar Alan Saumulandi Rosan.

Lalu, apa keistimewaan atau predikat-predikat yang pernah diraih olehnya hingga saat ini ?

1.  Sejak bersekolah di TK hingga sekarang, predikat berupa rangking di sekolah tidak terlepas dari pertama umum. Walau berbagai faktor, pada kesehatannya sekarang membuat predikatnya menjadi menurun.
2.     Juara II olimpiade IPA se-Kecamatan Rancah pada saat kelas XII di MTs Rancah.
3.  Juara III Lomba Cerdas Cermat Farmasi (LCCF) se-Provinsi Jawa Barat, yang diselenggarakan di UNPAD – Bandung.
4.   Di sekolah, baik itu SLTP (MTs Rancah) atau SLTA (SMKF Pasundan Kawali), ia pernah menggantikan sebagai guru IPA sementara. Penggantian disini,berkonsentrasi pada ilmu Astronomi sebagai sub dari Ilmu Pengetahuan Alam.
5.     8 tahun bahkan terus hingga saat ini, ilmu Astronomi dipalajari olehnya.
6. Kontributor : Spesialis bidang Astronomi, Kosmologi & Astrofisika di berbagai Website.
7.   Lebih dari 1.000 artikel ilmiah dipublikasikan oleh-nya baik secara real maupun di Internet.
8.  Berbagai E-Book telah dibuat olehnya, dintaranya E-Book dengan judul “The Universe”, yang dipublikasikan melalui situs Academia. 
9.  Memiliki banyak relasi dengan teman-teman pecinta Astronomi, baik itu amatir maupun professional di Indonesia maupun Mancanegara.
10.Selain penulis buku ilmiah, ia adalah seorang penulis puisi dengan relasi bahasa pada Astronomi. Puisi-puisi tersebut dikumpulkan dalam sebuah buku yang berjudul “Antologi Puisi Semi Astro”.

Lalu predikat selanjutnya apa ? Menyangkut pada topik, ia ingin sekali mendirikan klub edukasi berbasis Astronomi di daerahnya. Kenginan tersebut berlatar belakang pada keinginannya untuk berbagi ilmu Astronomi ke masyarakat, dengan mengembangkan pola pikir sainstifik pada penerapan IPTEK positif dalam kehidupan.


“Saya seorang astronom amatir, belum cukup untuk dikatakan sebagai Astronom Profesional. Astronom Profesional adalah mereka yang benar-benar sangat ahli pada Ilmu Astronomi, memiliki gelar pada bidangnya dan dedikasi ke masyarakat sudah cukup banyak. Pengetahuan pada Astronomi itu sangat luas. Wajar, mempelajari Alam Semesta, masih banyak misteri yang perlu dicari, dikaji dan dipelajari oleh saya. Walaupun demikian, saya ingin berbagi ilmu Astronomi ke masyarakat melalui pembentukan klub Astronomi, khususnya untuk daerah saya. Saya namakan Klub Astronomi di daerah saya, sebagai RAC – Rancah Astronomy Club. Semoga klub ini bermanfaat bagi masyarakat. Amiin” ujar Alan Saumulandi Rosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANCAH ASTRONOMY CLUB Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.