BREAKING NEWS

Mengenal Hujan Meteor



PHOTO : SPACE.COM


RAC – Sebagian orang belum mengetahui terkait “ Hujan Meteor “. Interpretasi salah selalu ada yang mengatakan bahwa hal tersebut sama seperti fenomena yang terdapat dalam film Sci-Fict : Deep Impact atau Armageddon, dimana terdapat luncuran batu-batuan besar yang akan menghancurkan planet, yakni hancurnya bumi dengan meteor.

Oleh karena itu, kini penulis ingin berbagi pencerahan, berupa informasi hujan meteor secara ilmiah. Maka, apa yang dimaksud dengan “ Hujan Meteor “ ? Apakah berakibat buruk ? Bagaimana cara memandangnya ?

Apa yang dimaksud dengan “ Hujan Meteor “ ?

Hujan Meteor atau istilah lainnya “Meteor Shower”, merupakan sebuah siklus fenomena astronomi, berupa melintasnya batu-batuan ( meteor ) ke suatu planet, tanpa menimbulkan bahaya, yang malah menjadi suatu kekaguman untuk dapat melihatanya bagi seoarang astronomer.

Apakah berakibat buruk ?

Mayoritas fenomena siklusan ini tidak menimbulkan malapetaka. Batu-batuan angkasa yang berbahaya, oleh Badan Astronomi Internasional ( IAU ) mengklasifikasnnya ke dalam “ PHA ( Potentially Hazardouz Asteroid ) “.

Bagaimana cara memandangnya ?

Terkadang menjadi kebanggaan bagi astronomers ketika melihat hujan meteor, apalagi jika terlihat visualnya secara jelas. Para astronomer menggunakan teknik “Radiant Point” dalam memandangnya.
Radiant Point ( Titik Radian ) merupakan titik kemunculan hujan meteor di rasi tertentu, atau diksi lain dalam ilmu geologi terkait gempa, radiant point  sama seperti episentrum.
Sebagai contoh : Hujan Meteor Leonids, maka titik radiannya terdapat di rasi Leo, Hujan Meteor Geminids, titik radiannya terdapat di rasi Gemini, dll


Berikut sebuah video terkait “Hujan Meteor Lyrid" yang diamati di Ontario, Kanada - April 2013. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANCAH ASTRONOMY CLUB Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.