BREAKING NEWS

Mengenal Ilmu Falak



COURTESY : REPUBLIKA.CO.ID


RAC – Sebagian orang masih menyatakan bahwa ilmu falak adalah ilmu astronomi, yakni ilmu yang mempelajari perbintangan atau seluruh kajian terkait benda langit.

Perspektif atau definisi tersebut salah. Oleh karena itu, penulis akan berbagi informasi dengan topik “ Mengenal Ilmu Falak “.

Ilmu falak tidak boleh disamakan dengan ilmu astronomi. Karena keduanya berbeda. Astronomi mencakup umum, sedangkan ilmu falak merupakan sub dari ilmu astronomi, yang tujuannya digunakan untuk hal peribadatan, khususnya umat islam.

Secara etimilogis, falak berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia, ialah orbit atau lintasan benda-benda langit. Sehingga secara terminologi, Ilmu Falak merupakan ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit, khususnya Bumi, Bulan & Matahari pada orbitnya masing-masing dengan tujuan untuk mengetahui posisi benda langit antara satu dengan yang lainnya, dapat mengetahui waktu-waktu di permukaan bumi.

Terdapat beberapa istilah untuk menyebutkan ilmu ini. Ilmu ini disebut ilmu falak, kerana mempelajari benda-benda langit. Ilmu disebut ilmu hisab, kerena ilmu ini menggunakan perhitungan. Ilmu ini disebut sebagai ilmu rashd, kerena memerlukan pengamatan. Ilmu ini sering pula disebut sebagai ilmu miqat, karena mempelajari batas-batas waktu.

Secara garis besar ilmu falak terbagi menjadi 2, yakni Ilmu Falak ‘Ilmiy & Ilmu Falak ‘Amaliy.

Ilmu falak ‘ilmiy terkadang disebut juga Theoritical Astronomy adalah ilmu yang mambahas teori dan konsep benda-benda langit. Sedangkan Ilmu falak ‘amaliy disebut sebagai Practical Astronomy, merupakan ilmu yang melakukan kalkulasi untuk mengetahui posisi dan kedudukan benda-benda langit antara satu dengan yang lainnya.

Bahasan ilmu falak hanya terdapat 4 kajian :

1.     Arah kiblat & bayangan arah kiblat.
2.     Waktu – waktu salat.
3.     Awal Bulan Hijriah
4.     Gerhana bulan & matahari.


Menurut agama islam, hukum mempelajari ilmu falak adalah wajib, karena terdapat kaitan dengan waktu pelaksanaan beribadatan umat islam.

Berikut video terkait "Metode Pencarian Hilal",  bagian dari Ilmu Falak.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANCAH ASTRONOMY CLUB Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.