BREAKING NEWS

RAC - Rancah Astronomy Club gelar "Solar Eclipse Party" sekaligus pembentukan klub

PHOTO :  RAC - RANCAH ASTRONOMY CLUB

RAC - Rabu, 09 Maret 2016 merupakan hari yang berharga untuk semua umat manusia. Pada hari itu, semua orang menyaksikan begitu indahnya panorama langit dengan sebuah fenomena astronomis yakni Solar Eclipse atau Gerhana Matahari.

Secara umum, fenomena ini berlangsung di wilayah Indonesia. Berbagai daerah melakukan observasi terkait hal tersebut. Terlebih sebuah grup edukasi astronomi di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis yakni Rancah Astronomy Club (RAC) telah menggelar sebuah acara ‘Solar Eclipse Party’ yang berlangsung sejak  Selasa, 08 Maret 2016 pukul 20.00 WIB s/d Rabu, 09 Maret 2016 pukul 09.00 WIB. Rangkaian kegiatan dari mulai gelaran ‘Solar Eclipse Party’, diantaranya seminar Solar Eclipse oleh Alan Saumulandi Rosan, nonton bareng film Astronomi, shalat gerhana matahari bersama dan observasi gerhana matahari.

“Dalam ilmu Astronomi, gerhana merupakan fenomena bersiklus, yang terjadi dimana sebuah objek langit menutupi objek lainnya, dilihat dari pangamat. Gerhana Matahari Total (GMT) hanya terjadi di wilayah yang dilintasi oleh garis ekuator. Selebihnya adalah Gerhana Matahari Sebagian (GMS) terjadi di wilayah yang bukan dilalui oleh garis equator. Pada kesempatan kali ini, saya bersyukur bahwa Tuhan Yang Maha Esa dapat memperingati keagungan-Nya, sebagai acuan untuk mengingat kepada-Nya”, ujar Alan Saumulandi Rosan, Ketua RAC – Rancah Astronomy Club.

Menurutnya, ilmu Astronomi penting dikaji lebih intensif lagi, sebagai lokomotif untuk mengembangkan berpola pikir kreatif dan saintifik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RANCAH ASTRONOMY CLUB Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.